Education in Our Way Kanan

By: Inu Anwardani




Pendidikan di way kanan. Kali ini saya akan mencoba membahas tentang pendidikan dalam perspektif kapasitas saya sebagai seorang pelajar. Mencoba mengulas tentang sekolah di Way Kanan yang saya cintai ini.

Bagi sebagian pelajar Way Kanan, pendidikan di Way Kanan sendiri agaknya kurang diperhitungkan. Ini terlihat dari cukup banyaknya pelajar asal Way Kanan yang malah memilih jenjang pendidikannya di luar Way Kanan. Mereka lebih memilih pendidikan mereka di Bandar Lampung, Metro, Lampung Utara, dan lain sebagainya.


Padahal di Way Kana sendiri sudah banyak sekolah-sekolah. Di setiap desa semua telah memiliki SD. Di setiap kecamatan hampir semuanya sudah memiliki SMP maupun SMA (tidak perlu saya sebutkan). Lantas, kenapa sih masih ada juga anak Way Kanan yang sekolah di luar sana? Alasan mereka yang paling umum adalah, katanya, di luar sana kualitas pendidikannya lebih tinggi dan lebih bagus dari di Way Kanan.

Dilihat dari alasan di atas, jelas bahwa pendidikan di Way Kanan masih kurang. Kurang diperhitungkan oleh orang tua siswa dan tentunya oleh siswa itu sendiri. Jika kita bicara tentang pendidikan, maka sudah pasti kita bicara tentang “masa depan” atau “cita-cita”.

Jika kita membiarkan daerah kita, Way Kanan ini memiliki kualitas pendidikan yang masih terbilang rendah, maka cita-cita anak didik Way Kanan akan pula rendah. Pendidikan tentu sangat menentukan nasib anak Way Kanan nantinya. Entah mereka akan jadi apa kelak. Entah jadi guru, atau menjadi penerus ayahnya yang sulit. Jadi pejabat atau malah menjadi pengangguran. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi para instansi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah masing-masing. Entah itu fasilitas lab, internet, ekstrakurikuler, buku, dan yang peling terpenting adalah: sekolah itu memiliki guru-guru yang benar-benar berkualitas dan berkualifikasi tinggi untuk menunjang pengetahuan anak. Jika perlu, buat sekolah di Way Kanan yang seperti adanya sekolah di Bandar Lampung sana. Ciptakan suasana sekolah yang nyaman, yang indah, dan yang penuh dengan suasana pendidikan.

Berawal dari tulisan ini semoga kita bisa membenahi kualitas pendidikan yang ada di Way Kanan. Hingga anak-anak Way Kanan tidak lagi perlu jauh-jauh sekolah di lampung lain, karena nantinya Way Kanan ini memiliki pendidikan yang bermutu, yang patut diperhitungkan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Way Kanan. Tentunya pemerintah juga turut andil dalam menunjang taraf tingkat pendidikan di daerah ini. Harus ada dukungan penuh terhadap pendidikan jika ingin pendidikan kita maju, terpilih, dan memiliki prestasi yang nyata.

Selain tulisan di atas, saya juga ingin menyampaikan sebuah pesan untuk siswa ataupun juga mahasiswa (asal Way Kanan) yang bersekolah diluar Way Kanan atau mungkin yang bersekolah di luar Lampung.

“Ingat sahabat. Setinggi apapun pendidikanmu. Seluas apapun ilmumu. Setinggi apapun pangkatmu nanti. Sebagus apapun baju yang melekat tubuhmu nanti. Tolong, jangan lupakan daerah yang telah melahirkanmu ini. Karena sudah banyak di luar sana, yang sudah sukses, yang sudah jadi orang, namun tak mau lagi kembali ke Way Kanan ini. Sudah banyak yang berhasil, namun tak mau kembali untuk sekedar memajukan Way Kanan. Ia sukses di daerah orang dan malah mencintai daerah orang. Ia lebih senang disana, tempat yang baginya kota. Ia sudah tidak mau lagi mengabdi untuk Way Kanan yang masih terbelakang. Ilmunya tak mau ia gunakan untuk mengubah maju tanah kelahirannya. Untuk kalian yang ada disana, tolong, ketika kalian sukses nanti. Kembalilah ke Way Kanan. Ayo bersama memajukan daerah kita. Majukan dengan ilmu yang kalian yang kalian raih di luar sana. Please, untuk siapapun. Kakak-kakak mahasiswa, teman-teman, untuk siapapun yang membaca ini, tolong, sejenak kita berpikir apa yang kita bisa beri untuk daerah yang telah melahirkan kita...”

* * * * *

[Inu Anwardani: adexinu@gmail.com]

2 komentar nih!:

pemda mengatakan...

:n:

Anonim mengatakan...

Wes, om pemda kok marah? hehe... :e:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Buat kamu yang udah baca artikel ini, gimana pendapat kamu? Tulis komentarmu yuk!!!

Marquee

## Inu Anwardani ##
Jl. Sahatang 164 Baradatu, Way Kanan, Lampung

Copyright © 2011 - Langit Inu - Powered by Blogger All right reserved...