Teknologi itu...

By: Inu Anwardani



Bicara tentang teknologi, berarti mau nggak mau kita berbicara tentang kemajuan. Ya, kemajuan! Dan bicara tentang kemajuan, kita melibatkan para pemuda: sosok yang tangguh, yang memiliki visi besar untuk daerahnya, dan yang memiliki segudang amunisi tentang ilmu pengetahuan untuk kemajuan daerahnya. Bukan pemuda yang melempem, yang malah terbawa arus perubahan serta terbawa teknologi, bukan menciptakan teknologi. Disamping itu, pemerintah juga ikut andil jika ingin memajuan dalam bidang teknologi untuk daerahnya.
Jika ditanya apa sih manfaatnya teknologi? Maka saya, pelajar yang masih cetek ilmunya ini, akan berkata bahwa teknlogi itu sangatlah penting. Kita bisa lihat sendiri, di sono no, di negeri tempat kelahiran saya (Amerika!), teknologi sangatlah berkembang pesat, baik dalam bidang elektronik, otomotif, internet, juga dalam bidang pemrograman komputer. Dan dengan itu, bangsa tempat kelahiran saya bisa maju, bisa membuatnya terkenal, membuat negaranya menjagi luar biasa. Duh kapan ya Indonesia???

Ah, agaknya harapan saya untuk indonesia maju rada berat deh! Bisa dibilang, di indonesia memang sudah memanfaatkan teknologi. Sebenarnya begitu banyak manfaat dari teknologi, tapi sayangnya begitu banyak anak bangsa yang tidak meliriknya sebagai tujuan. Masih sangat sedikit yang memanfaatkan teknologi-teknologi sebagai sumber untuk memajukan.

Kali ini saya membahas teknologi dalam aspek teknologi internet.

Saat ini, informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu kita dituntut untuk selalu update dengan hal-hal yang berbau dengan teknologi. Begitu banyak di dunia maya informasi-informasi yang baik dan bermanfaat, tapi sangat banyak juga informasi yang tak bermutu bahkan berbau pergaulan bebas alias seks. Dan anehnya, banyak pemuda indonesia yang mengakses situs-situs aneh tersebut.

Begitu merdekanya rasanya jika banyak para pelajar indonesia sudah memulai belajar mengenati sebuah teknologi. Belajar tentang apa itu internet, juga apa itu media informasi online. Jika setiap siswa indonesia tahu akan apa itu sebuah blog, tentang apa manfaat dari aktivitas blogging, dan kesemuanya memiliki sebuah blog, saya pikir garuda Indonesia akan terbang tinggi. Betapa tidak, semua siswanya pintar menulis dan bangga dengan rasa menulis dan membaca. Ya, bermula dari sebuah blog yang sederhana.

Tapi, betapa sialnya, para siswa saat ini lebih seuka mengakses yang namanya sebuah situs pertemanan semacam facebook dan friendster. Yang mereka pikir hanya komentar, update status, dan upload foto. Ya, hanya sebatas itu. Padahal apa sih fungsinya situs pertemanan? Tidak terlalu penting menurut saya. Bahkan ketika saya tanya dengan sahabat saya, ”Kamu punya blog?” eh, dia malah njawab ”Blog itu apa? Blog itu bukannya yang kalo kita di ms word itu ya yang pake mouse?” saya menjawab, ”Itu namanya block, bukan blog!” dia kembali berkata ”Emang apa blog yang kamu maksud? Nyangkut internet ya? Halah, enakan maen poker!” ujarnya. Ternyata, masih banyak orang yang belum tahu apa itu blog, pikir saya saat itu. Dan saya beruntung dua tahun lalu saya sudah mulai mengetahui apa itu blog dan saya menggerarinya. Saat sekarang ternyata banyak remaja yang menggunakan teknologi internet sebatas kesenangan, maen game, fesbukan, padahal begitu banyak yang dapat kita raih dari sebuah internet.

Menerawang indonesia, saya sudah capek untuk menulis. Maka kali ini saya akan membahas tentang sebuah kabupaten yaitu Way Kanan. Way Kanan, itu termasuk sebuah daerah yang kata orang ”Kota” adalah pelosok. Masih pedalaman. Namun tahukah? Way Kanan saat ini sudah kian berubah bro! Sudah ”rada” maju dari masa ke masa. Catatan: majunya bukan karena pemerintah. Sekali lagi bukan karena pemerintah, melainkan para pelajar dari daerahnya yang ingin dan cinta jika daerahnya maju. Ya, pelajar itu adalah mahasiswa. Mereka dengan ikhlas, mereka yang jauh disana di jawa, mereka yang dengan kebanggaan atas daerah kelahirannya, yang ingin mengenalkan IT untuk Way Kanan, mereka yang rela mengeluarkan kocek pribadi hanya untuk daerahnya, Way Kanan, dikenal oleh seluruh lampung. Mereka yang ingin Way Kanan terdengar hebatnya di bagian lampung-lampung lainnya. Mereka yang rela memberi waktunya untuk mengenalkan tanah kelahirannya meski dengan sebuah tulisan di internet. Meski dengan sebuah blog yang mungkin pemerintah Way Kanan sendiri tidak tahu bahwa ada orang yang membanggakan daerah Way Kanan.

Saya akui, Way Kanan, dalam bidang internet teknologi sudah cukup maju dibanding Bukit Kemuning bahkan termasuk Lampung Utara sekalipun saya pikir. Saya tahu, saya mungkin tak sehebat Mas Arief Sableng yang sudah membuat web komunitas daerah yakni waykanan.net , baradatu.com , kbmpwk.net , dan masih banyak lagi, tapi saya akan berusaha menjadi dan belajar seperti ia.

Yang menjadi pertanyaan, apa ucapan pemerintah atas dedikasi anak daerah Way Kanan disana yang sudah mewangikan buminya? Seharusnya pemerintah mendukung para mahasiswa juga tak lepas para pelajar untuk mengembangkan teknologi di Way Kanan. Jika para pelajarnya punya keahlian dan cerdas, kan siapa yang bangga? Tentu Way Kanan kan? So, pendapat saya untuk pemerintah, tolong dukung kami, tolong hargai peluh payah cinta kami membanggakan, meng-GR-kan, menarsiskan bumi Way Kanan ini di dunia maya.

Saya harap penghargaan yang tinggi adalah layak untuk pemuda yang telah mengharumkan sebuah daerah atau paling tidak untuk pemuda yang telah peduli dengan daerahnya. Ya, seperti di negeri tempat kelahiran saya, di Amerika. Disana pemerintah mengangkat derajat setinggi-tingginya atas jasa seseorang yang menorehkan sesuatu untuk negerinya. Saya harap Way Kanan juga seperti itu...

Tapi tidak, saya berbohong, saya adalah murni kelahiran Way Kanan. Bukan Amerika. Saya ingin melihat Way Kanan maju setinggi-tingginya suatu kelak nanti dalam teknologi. Dan pertanyaan saya, kapan ya daerah saya ini dengan pesat berkembang teknologinya?

0 komentar nih!:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Buat kamu yang udah baca artikel ini, gimana pendapat kamu? Tulis komentarmu yuk!!!

Marquee

## Inu Anwardani ##
Jl. Sahatang 164 Baradatu, Way Kanan, Lampung

Copyright © 2011 - Langit Inu - Powered by Blogger All right reserved...