Wajah Baru Masjid Baradatu

By: Inu Anwardani


Ketika kita memasuki kecamatan Baradatu, maka kita akan dihadapkan pada sebuah bangunan yang megah, indah. Yakni tugu perahu yang berada di perbatasan desa Tiuh Balak Pasar dan Tiuh Balak. Bangunan ini cukup megah bagi mereka yang menatap, sebuah simbol hasil bumi masyarakat Way Kanan, dan juga memiliki simbol-simbol lainnya yang sangat penting. Disamping bangunan tugu itu, sebenarnya Baradatu juga memiliki bagunan yang cukup megah. Ya, kali ini saya akan membahas tentang Masjid yang ada di Baradatu.

Bicara tentang Masjid yang ada di Baradatu, maka yang pertama disebut pasti adalah Masjid At-Taqwa. Sebuah Masjid jami yang terbesar di kecamatan Baradatu. Sebuah tempat ibadah yang sangat strategis tempatnya mengingat lokasinya yang dekat dengan pusat kota Baradatu. Masjid At-Taqwa juga sering menjadi tempat ibadah, berteduh dan melepas penat bagi orang yang berpergian jauh seperti dari jawa, palembang, jakarta, dan sebagainya.
Naah, satu hal yang sangat menarik dari Masjid At-Taqwa adalah: kini dibangun sebuah gerbang yang tinggi, yang besar, dan megah. Gerbang ini semakin membuat Masjid terbesar di Baradatu ini menjadi megah dan tampak gagah. Sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini!


Melihat Masjid At-Taqwa yang dengan tampilan baru ini, maka pengunjung akan seperti disuguhkan dengan sambutan yang menawan. Gerbang Masjid ini cukup besar, semakin mengokohkan At-Taqwa sebagai Masjid kebanggaan masyarakat baradatu.

Jika kita memasuki gerbang Masjid, maka kita akan lihat di sebelah kanan pelataran Masjid terdapat sebuah WC umum yang khusus digunakan untuk para pejalan jauh untuk sekedar mandi atau buang air. Untuk ini tidak dikenakan biaya sedikitpun. Jika kita menilik tempat wudhu Masjid ini, maka kita akan lihat sebuah tempat wudhu yang terdapat tempat duduk di sana. Jadi orang yang hendak berwudhu tidak perlu berdiri, melainkan cukup dalam keadaan duduk. Di bagian belakang Masjid, terdapat perumahan yang biasa digunakan untuk para “jaula” / orang yang ingin bermalam di Masjid.

Jika kita memasuki kedalaman Masjid, kita sekali lagi akan disuguhkan dengan kemenawanan Masjid ini—meski Masjid ini bagi sebagian orang tidak terlalu besar. Ya, ornamen-ornamen yang khas ala kaligrafi, tulisan-tulisan Al-Qur’an yang tampak indah di sana sini menghiasi dinding-dinding Masjid.

At-Taqwa. Sebuah Masjid kebanggan Baradatu dan sekitarnya. Semoga hadirnya makin membuat kecamatan Baradatu maju, maju, dan terdepan. Baik untuk Way Kanan, dan Lampung pada umumnya. Naah, kita jangan Cuma bisa bangga ya dengan adanya masji kita ini. Tapi kita juga kudu meramaikannya, sholat di sana. Meramaikan Masjid At-Taqwa berarti kita cinta dengan Masjid itu, dan kita cinta dengan daerah kita: Baradatu, Way Kanan kita. Yukk mari.... (hehe...)

* * * * *

[Inu Anwardani: adexinu@gmail.com]

2 komentar nih!:

Davit mengatakan...

Hmmm Masjid ini juga di dalamnya tidak terdapat tiang tiang yg sebagaimana seperti masjid2 lainya,jadi akan terasa luas.
oya rumah ane malah di belakang masjid ini...sebelah pak lurah campur asri

Inu Anwardani mengatakan...

Oooo, salam kenal ya! rumahmu deket rumah bu bidan ya? hehe,,, kalo aku rumahnya di gang sahatang, itu tuh, yang ada jalan di depan masjid at taqwa. :c: :h: :n:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Buat kamu yang udah baca artikel ini, gimana pendapat kamu? Tulis komentarmu yuk!!!

Marquee

## Inu Anwardani ##
Jl. Sahatang 164 Baradatu, Way Kanan, Lampung

Copyright © 2011 - Langit Inu - Powered by Blogger All right reserved...