Belajar Keikhlasan dari Sebuah Situs Internet


Sobat-sobat! Apa sih yang pertama terpikir kalo kita denger yang namanya ”internet”? Yups, paling di telinga kita tahunya cumaaaa, Fesbuk, OL, Chatting, Gaming, dan hanya sebatas itu. Ada juga yang bilang bahwa di internet itu marak akan hal negatifnya, seperti situs porno, dan segenap hal vulgar lainnya yang dengan mudah dapat diakses dengan sekali ”klik!”. Tapi tahu nggak, sebenernya kita bisa belajar ”kebaikan” lho dari sebuah situs-situs internet. Ohya? Iya dong! Asal kita mau membuka mata kita. Ya, membuka dengan sadar betapa baiknya mereka (situs di internet) kepada kita. Yuk kita pelajari... ^_^


Pren, mungkin kita hanya tahu kalo mau bikin E-mail tempatnya di Yahoo, kalo nyari sesuatu tempatnya di Google, kalo mau video tempatnya di Youtube, dsb. Tapi, pernah nggak kita berpikir, ”Alangkah baiknya mereka itu?”

Berikut daftar situs di internet yang saya anggap paaaling baik di dunia... ^_^

1. Google

Google adalah sebuah search engine yang paling populer saat ini. Searceh engine sendiri adalah sebuah situs yang fungsinya untuk mengindeks, mencari data, mencari tulisan, informasi, gambar, juga memungkinkan untuk pencarian file. Dan semua fasilitas google itu GRATIS buat kita. Coba bayangkan kalo di dunia internet nggak ada yang namanya search engine (google)? Sangat mungkin kita dipusingkan saat ingin mencari sesuatu di internet. Coba kalo nggak ada search engine, kita pengen nyari info tentang, misal, ”Trik mengetik keyboard sepuluh jari”. Pasti mumet kan? Masak kita mau ketikin di address bar www.trik-mengetik-keyboard-sepuluh-jari.com , pastinya nggak kan ketemu bro...

Yups, intinya search engine sangat penting. Dan google, terdepan dalam hal search engine. Terus apa pelajaran yang bisa kita ambil dari Google? Hayoo apa? In my opinion, google itu baaaaaik banget, cos menjawab apa-apa yang kita tanya ke dia. Apa-apa yang kita perlukan tinggal ketik aja dan dengan sekejap dia langsung mencari di database-nya dan dalam beberapa detik sudah tampil ribuan tautan-tautan yang merupakan jawaban dari pertanyaan kita. Sangat bermanfaat buat kita. Dia ngasih apa yang kita perlukan, sedang kita, nggak ngasih apa-apa buat google. Terus, ikhlas banget ya si google ini?! Dia selalu memberi manfaat, sedang kita? Apa coba untugnya buat google ngasih kita informasi sedemikian hebat? Mungkin sepintas nggak ada, nggak ada untungnya buat si google memberi dengan GRATIS TIS. Tapi tahukah kita, dengan keikhlasannya si google, menempatkannya urutan terdepan jajaran situs internet terkaya di dunia. Kok bisa? Kok google bisa kaya? Bisa lah, dengan keikhlasannya. Yups, pelajaran pertama, ”Belajar dari Google yuk....!!!” yang memberi sebanyak-banyaknya, dan tidak meminta sebanyak-banyaknya. Itulah prinsip hidup kita seharusnya, seperti kata Pak Harpan di film Laskar Pelangi... cieee!!!

Did you know, selain search engine, Google tuh nyediain banyak fitur lainnya. Yaitu antara lain Gmail buat fasilitas email, Google Translate buat nerjemahin semua bahasa ke bahasa lainnya, Google Maps buat ngeliat peta setiap daerah di ”seluruh dunia”, Picasa buat penyimpanan foto album online, Blogger.com buat blogging (Blogger.com sendiri adalah fasilitas blogging gratis dan terbaik di dunia saat ini, saya sendiri seorang blogger. Dan google tidak mendapatkan apa-apa dari blogger ini, malah nih ya, kita bisa menghasilkan uang dari ngeblog di blogger ini. Kudu dicatet tuh, ”Blogger.com membolehkan kita memperoleh duit di akun-nya.” baik banget kan. Ada nggak manusia kayak gitu?), Google Docs untuk melihat semua buku di perpustakaan google, Google Video untuk menonton video. Waaah, masih banyak lagi yang dimiliki google. Dan buka mata kita, semuanya itu diberikan google dengan GRATIS! Emang apa sih yang didapet dari google dengan berbaik hati menyediakan semua gratisan? Cari di sendiri google ya.... hehe.... yang jelas kita kudu jadi seorang sosok google, yang baik hati! Setuju....???!!! MANTAP!!!

2. Yahoo!

Yang paling terkenal dari Yahoo adalah fasilitas Emailnya yang nomor satu di dunia. GRATIS pula! Setiap akun bisa buat menyimpan data hingga 2 Gigabyte di Yahoo, bayangin kalo 2 Giga disetara-in dengan harga flashdisk, sekitar 50-ribuan tu harganya. Namun Yahoo nyediain semua dengan GRATIS! Emang apa coba untungnya dia secara cuma-cuma ngasih buat kita?

Selain Email, Yahoo juga terkenal dengan fasilitas Chatting-nya yang sangat baik, dikenal dengan YM atau Yahoo Messenger, yang memungkinkan kita bisa Chat, Conference, dan juga hingga bertukar File. Hampir sama seperti Google, Yahoo juga memiliki fasilitas search engine, namun masih kalah jauh dibanding Google populernya. Selain Email dan Chatting Yahoo juga menyediakan Web Album yakni Flickr. Semuanya itu GRATIS tau nggak pren! Kita bener-bener dimanjakan. Coba nih ya, kalo kita dikasih tarif ma si om Yahoo, setiap mau bikin Email kudu bayar pendaftaran Rp. 15.000. Huh, pasti orang indonesia pada nggak mau daftar tuh, hehe...

Terus apa untungnya bagi si om Yahoo? Apa coba? Apa karena mereka kurang kerjaan ngasih fasilitas gratis? Hehe... Cari sendiri ya di Google, hehe.... yang jelas Yahoo juga ternasuk jajaran terdepan bareng Google situs terkaya di Dunia dengan memberikan fasilitas GRATIS! So, apa yang kita bisa ambil pelajaran? Yups, ”Jadilah seperti Yahoo!”. Memberikan kebaikan buat orang lain = memberikan kebaikan juga buat kita. Jangan takut kehilangan sesuatu karena berbuat baik kepada orang. Karena sejatinya Allah tengah menyiapkan sesuatu yang baik pula untuk kita, malah mungkin jauh lebih baik. Deal! Dengan memberi kepada yang lain tanpa ”PAMRIH”, kehidupan mengajarkan kita bahwa kita dapat kaya olehnya. Terutama ”Kaya Hati”. Kalaupun nanti kita ”kaya harta” dengan kebaikan kita, maka bersyukurlah. Karena itu adalah limpahan balasan dari Allah atas kebaikan kita So, jangan liat apa yang kita dapetin kelak, tapi.taburkan kebaikan untuk orang lain sebanyak-banyaknya. Subhanallah... jadi orang yang baik ya sahabatku....!!! Dimanapun dan kapanpun, okeh?!

3. Facebook

Terlepas dari pernyataan bahwa Facebook dimiliki oleh orang Yahudi dan membiayai perang untuk Israel. Jujur, saya salut dengan Facebook. Terutama dengan pendirinya yaitu Mark Zuckerberg yang ketenye emang orang Yahudi ntu. Zuckerberg pintar membuat dan mengembangkan situs pertemanan yang mampu mengalahkan friendster. Dengan berbagai fiturnya, seakan kita dimanjakan dengan facebook dengan ”bebas” dan lagi-lagi GRATIS-nya.

Dengan fasilitas gratisnya, kita bisa cari teman, bikin grup, chatting, nulis catatan, update status, komen-komenan, membuat forum diskusi, dan lain sebagainya (temen-temen dah pada pinter kalo soal fesbuk pastinya. Nggak perlu diajarin.  hihihih....). mungkin dua tahun lalu kita belum kenal yang namanya ”situs pertemanan”, namun sekarang, sudah sangat menjamur di masyarakat terutama remaja. Sekarang, facebook mungkin dah jadi kebutuhan pokok ente-ente semua, hehe.... facebook bikin kita yang dah pada berjauhan bisa komunikasi lagi. Dia buat kita terhibur dan ketawa. Bikin silaturahim menjadi dekat lagi. Tapi nih, ada juga yang njadiin efbi sebagai ajang narsisnya, unjuk eksistensi, tempat curhat, luapan emosi, pedekate, malah nyampe ada yang gara-gara efbi ada yang berlanjut ke pemerkosaan. Penyalahgunaan tuh. Wah, kalo dah kayak gini namanya bukan situs pertemanan, melainkan ”situs kesenangan”. So, yang terpenting, walaupun dunia maya, tetap ”Jadilah dirimu sendiri di facebook”. Itu pesan saya.

Satu hal yang bisa diambil dari efbi, dia mbuat kita terhubung. Itu yang kudu diinget. Pelajaran yang bisa diambil, ”Jadilah kita penghubung silaturahim antar sesama. Dengan adanya kita, kita buat sekitar kita berukhuwah. Dan hadirnya kita di dunia menjadi peneduh di hati-hati mereka. Jadilah kita tempat bertanya, tempat memberi tahu, tempat semangat mereka, dan jadilah kita peneduh di sekitar kita. Agent of change!” Yups! Lanjut!

4. Lainnya

Di internet ada banyak banget situs yang baik lho, yang patut kita tiru.... diantaranya:

Website CMS WordPress, Drupal, phpBB, Joomla, dan lain sebagainya. Mereka adalah penyedia software untuk pembuatan sebuah website. Mereka semua menyediakan dengan gratis. Mereka menyumbangkan fitur-fitur yang menarik, bekerja keras berkutat dengan bahasa pemrgraman php untuk mendapatkan website yang powerfull, memberikan pelayanan yang baik, dan gratis tentunya. Tanpa ada mereka, mungkin di internet kita nggak bisa ngeliat adanya alamat bernama okezone.com, radarlampung.co.id, snmptn.ac.id, unila.ac.id, ui.ac.id, kaskus.com, dan lain sebagainya. Semua situs di dunia ini menggunakan fasilitas CMS.

Situs-situs islami. Diantaranya adalah gaulislam.com, islamuda.com, hidayatullah.com, dudung.net, kebunhikmah.com, myquran.com, eramuslim.com, dakwatuna.com, dan masih banyak lagi. Mereka semua memberi pelajaran, informasi islami, tausiyah, dan ribuan tulisan-tulisan bermanfaat buat kita ketahui sebagai umat islam. Mulai dari adab beribadah, berukhuwah, memotivasi, sampai kehidpuan yang islami. Kita mungkin nggak pernah mbuka situs-situ tersebut di atas, yang kita tahu cuman facebook. Sangat cetek teman, coba deh kita sekali-sekali buka wawasan islami dengan mbuka situs islami secara global. Maka, kita bakala tahu dunia islam, lebih bermanfaat bro dari sekedar situs pertemanan. Kita baca dah tu tulisan-tulisan islami yang ada disana. Liat deh mereka peduli banget dengan nasib umat, mereka mbuat tulisan yang banyak demi wawasan islam, mereka semua peduli banget dengan muslim lainnya. Padahal kita, boro-boro belum tentu mikirin mereka. So, belajar dari owner pemiliki situs islam yah sobat! Kita berdakwah nggak Cuma lewat kata-kata bicara, tapi bisa juga lewat tulisan, berjuang dengan tulisan. Semoga kita semua bisa meluangkan sedikit waktu untuk membaca berita-berita islam, dan allah yang menjadi tujuan. 

Sobat. Tahu nggak sih sebenernya di dunia internet itu banyak banget yang namanya orang baik. Sedikit cerita nih yah.

Saya pernah disuruh ibu dan ayah saya untuk mencari di internet data untuk sertifikasi beliau. Dan di internet saya menemukan sebuah blog yang sangat bermanfaat. Ya, blog tersebut memberi link download-an file pdf yang saya butuhkan. Juga memberikan secara Cuma-Cuma kepada pengunjung file download baik Program Tahunan dan Program Semester yang sangat dibutuhkan oleh para guru. Padahal jika saya berpikir, apa sih untungnya dia memasang link download tersebut? Sepintas sangat tidak ada kecuali dia adalah orang yang sangat baik dan mulia hatinya. Ya, dia rela membuat dan menyusun sendiri dokumen yang dibutuhkan guru-guru, bayangkan teman, satu file saja bisa mencapai ratusan halaman kertas A4. Terbayangkan bukan bagaimana lelahnya mengetik sedemikian banyak? Dan dia sangat ikhlas memberi kepada ke banyak guru di indonesia. Dalam hati saya hanya bisa bersyukur menemui blog itu, dan saya ucapkan beribu terima kasih kepada pemilik blog tersebut karena sudah berhati mulia memberi manfaat kepada guru lain. Disitu saya sangat terharu, rupanya ada orang yang sangat baik di dunia maya. Sejak itu saya sadar, ternyata, begitu banyak orang yang baik hatinya dan mulia di dunia maya. Sedang kita? Yang kita tahu mungkin hanya fesbukan, itu pun hanya senang-senang, komen-koomenan, chatting, update status yang tidak penting. Cobalah kita sedikit memberi manfaat kepada orang lain, misal, membuat tulisan yang bermanfaat buat orang lain seperti menulis catatan di facebook misal. Atau menuliskan status yang menyuruh pada kebenaran. Ya, kebenaran. Tentu sangat bermanfaat buat para facebooker daripada kita mengupdate tentang hal yang keluh mengeluh. Tak penting.

Kita mungkin bukan orang yang paling baik dan paling sempurna di dunia, tapi alangkah baiknya jika kita melakukan hal baik tiap hari ke banyak orang. Rasulullah pernah bersabda, ”Orang yang paling baik di dunia adalah orang yang paling bermanfaat untuk orang lain.”. But, sudahkah beradanya kita di atas bumi ini cukup memberi manfaat buat orang lain??? Jawab ndiri yahch!!! Hehehe....

* * * * *

Salam,
Inu Anwardani ^_^
eXpresi Penyegaran...!!!
E-mail: adexinu@gmail.com
Hp: +628972630269
Website: http://langit-inu.com
Blog: http://adexinu.blogspot.com

3 komentar nih!:

sTaRs mengatakan...

thank's buwanget dechj buat pak internet,pak GOOgle, pak yahoo,pak facebook,, n paling thank's yg punya blog ni,,,, terus smangat ea ngasih ilmunya,,,, heheheheheh

jgn lp,, tgl 8 bubar,,, hahhahaahah

Inu Anwardani mengatakan...

Heuh, dasar stars.... emang da apa dg blogku? Ga perlu berterimakasih dengan aku. :a:

Insya allahhh.... :d:

SiGenius mengatakan...

Amazing. Tks infonya.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Buat kamu yang udah baca artikel ini, gimana pendapat kamu? Tulis komentarmu yuk!!!

Marquee

## Inu Anwardani ##
Jl. Sahatang 164 Baradatu, Way Kanan, Lampung

Copyright © 2011 - Langit Inu - Powered by Blogger All right reserved...