Indonesia Sama Jepang itu Bedanya Cuma Sedikit


Sobat, tahu nggak sih bahwa negara kita yang cintai ini sedikit perbedaannya sama negara jepang yang hebat ituh. “Sedikit!”. Yap, berarti kalo kita mau mengubah sedikit saja salah satu dari sifat kita, maka bisa jadi alias mungkin kita akan sama atau setara dengan negeri matahari terbit yang luar biasa itu.

Mau tahu apa perbedaan sedikit antara negara kita ama negara jepang? Check it out!!!

Orang jepang sedikit berbicara, orang indonesia sedikit-sedikit berbicara.
Orang jepang sedikit menonton TV, orang indonesia sedikit-sedikit menonton TV.
Orang jepang sedikit-sedikit membaca, orang indonesia sedikit membaca.
Orang jepang sedikit-sedikit bertanya, orang indonesia sedikit bertanya.
Remaja indonesia sedikit-sedikit update status, remaja jepang sedikit-sedikit update informasi.


Orang jepang sedikit berbicara, orang indonesia sedikit-sedikit berbicara.


Talk less do more! Salah satu slogan rokok yang sering di tipi-tipi. Yap, kalo kamu menyadari hal itu, buanglah kata-kata yang gak perlu, dan replace dengan melakukan lebih banyak. Jadi orang jangan banyak omong, cerewet, ngomel, bawel, marah, ngumbar omongan, etc. Lebih baik diam dan lakukan! Oke??! Pernah gak denger nih cerita, suatu ketika orang indonesia cerita ke orang jepang dengan pedenya panjang lebar, “Eh tahu nggak sih lo gue kemaren pergi ke australia jalan-jalan ke sydney naek pesawat yang VIP dari jakarta. Lo tahu nggak gimana pengalaman gue pas disana beh seru banget. Disana gue ketemu dengan artis-artis papan atas indonesia yang kebetulan lagi jalan-jalan juga disana. Eh tahu nggak sih lo betapa bangganya gue pas sepulang dari sana di kampus gue pada ditanya-tanyain ama temen-temen sana-sini seakan gue dah jadi artis geto. Huh pokoknya gue seneng banget bisa ke luar negeri dan so pasti prestise dong.” Terang orang indonesia dengan cepat pada orang jepang. Tapi apa, orang jepang hanya menjawab, “Ohya?” dan langsung peri meninggalkan orang indonesia.

Orang jepang sedikit menonton TV, orang indonesia sedikit-sedikit menonton TV.

Haha... nih biasanya sering dan sering terjadi di kehidupan remaja indonesia. Yap, remaja indonesia begitu konsumtif dengan hal yang berbau hiburan. Apalagi kalo masalah film yang asalnya dari drama asia sana. Beh, cewe-cewe indonesia bejibun pada nonton dan memiliki fans tersendiri mulai dari kim bum lah, tae kyong lah, aduh sapa lagi tuh, minam-minam, vic zhao, dan laen segalanya (hehe, maap kalo salah penyebutan nama dan gelar, haha). Indonesia sangat senang bisa menonton drama-drama dari sana sampai-sampai mengambil jatah waktu yang lain. Yang sangat disayangkan adalah, indonesia sedikit-sedikit konsumtif, dan mereka sedikit-sedikit produktif. Ya, indonesia termasuk konsumtif dalam keproduktifan mereka. So gimana dong? (hehe, kok malah nanya sih ib?)

Orang jepang sedikit-sedikit membaca, orang indonesia sedikit membaca.

Eh tahu nggak sih lo (eh kok malah ketularan orang indonesia sih? Hehe), ib benerin deh. Eh kamu pernah denger nggak sih bahwa negara jepang ituh tiap hari mencetak surat kabar lebih banyak dari jumlah penduduknya. Lho kok bisa? Jawabannya adalah karena mereka begitu konsumtif dengan bacaan. Setiap hari mereka bisa membaca lebih dari satu surat kabar. Dan membaca, bagi mereka adalah suatu kebutuhan yang amat penting, sama seperti makanan. Tanpa membaca, maka tanpa ilmu dalam diri. Sedang indonesia?????

Orang jepang sedikit-sedikit bertanya, orang indonesia sedikit bertanya.

Kalo orang jepang mudah bertanya, maka laen halnya dengan indonesia yang mudah bertanya kalau lagi ‘kepepet’, mudah bertanya kalo lagi ‘butuh’, dan mudah bertanya kalo lagi ‘ada maunya’. Trus apa geh yan musti kita lakuin?? Yap, bertanyalah, apapun yang kamu tidak tahu. Pepatah mengatakan, “Malu bertanya sesat di KEHIDUPAN.” (Hehe, papatahnya aku lho...)

Remaja indonesia sedikit-sedikit update status, remaja jepang sedikit-sedikit update informasi.

Yap! Apa yang anda pikirkan???? Kalo orang indonesia pasti deh langsung nyambung ke facebook dan ngetik apa yang sedang ia lakukan sekarang atau yang ia sedang rasakan atau umpatan yang sedang ia luapkan atau juga ejekan kepada orang, dan setelah itu langsung mengklik tombol “Bagikan” di facebook. Hehe, remaja kita saat ini doyan deh dengan update status, dalam sehari nih ya, bisa lebih dari sepuluh status yang terupdate. Padahal yang dia update itu kurang penting/ sia-sia. Kalo kamu termasuk di dalamnya, yang sehari bisa update status lebih dari spuluh atau lebih, maka berhati-hatilah. Karena berdasarkan penelitian saya nih ya (ciiee...), orang yang sering update status itu identik dengan orang yang lagi nggak ada aktivitas / kegiatan/ waktunya yang dia miliki kosong/ dia lagi nganggur / dia lagi nggak punya kesibukan atau dalam kata lain hidupnya nggak lain hanya di depan layar monitor menunggu dan menunggu komentar-komentar orang lain terhadapnya. So, berhati-hatilah.

Jadilah seperti orang jepang (baca: orang luar negeri sana), yang setiap harinya update dengan informasi, bukan status. Survey membuktikan orang luar negeri sana (negara maju) situs yang paling populer bagi mereka adalah “Google” sebagai mesin pencari sejuta informasi. Tapiii, kalo di negara berkembang macam indonesia, yang paling populer di dunia maya mah adalah situs pertemanan, tempat buat senang-senang. Sudah saatnya kita update informasi, update ilmu, dan produktif diri di dunia maya seperti halnya menulis di dunia maya, bisa mempostingnya di sebuah blog. Oke! Are you can?

Yap! Sobat-sobat, semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua. Mari kita ubah semuanya, kan indonesia bedanya Cuma sedikit. Sedikit aja kita ubah diri kita, maka kita akan sama dengan jepang. Hehe.... (Sedikit tapi bukan mudah bro...)

******

Inu Anwardani
Bandar Lampung, 28 Oktober 2010
Blog: http://adexinu.blogspot.com
Apapun yang Kamu Lakukan, Hidup di Atas Kebenaran!

1 komentar nih!:

untuk meningkatkan kreatifitas mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Buat kamu yang udah baca artikel ini, gimana pendapat kamu? Tulis komentarmu yuk!!!

Marquee

## Inu Anwardani ##
Jl. Sahatang 164 Baradatu, Way Kanan, Lampung

Copyright © 2011 - Langit Inu - Powered by Blogger All right reserved...