Selayang Pandang FLP Lampung


Apa sih FLP itu?

FLP singkatan dari Forum Lingkar Pena, sebuah organisasi pengkaderan penulis. FLP merpukana wadah bagi para penulis, yang ingin menjadi penulis, dan berminat pada dunia kepenulisan. Pengkaderan FLP menekankan pada pembinaan keIslaman, kepenulisan, dan keorganisasian.

Sejarah Berdirinya FLP

Tahun 1997 Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, Muthmainnah serta beberapa rekan lain dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia bertemu di Masjid Ukhuwah Islamiyah, Universitas Indonesia. Pertemuan berlanjut dengan diskusi tentang minat membaca dan menulis di kalangan para remaja Indonesia. Percakapan tersebut sampai pada kenyataan semakin mendesaknya kebutuhan masyarakat akan bacaan yang bermutu. Di sisi lain sebenarnya cukup banyak anak muda yang mau berkiprah di bidang penulisan, tetapi potensi mereka kerap tak tersalurkan atau intensitas menulis masih rendah, di antaranya karena tiadanya pembinaan untuk peningkatan kualitas tulisan. Lebih dari itu, semua yang hadir menyadari betapa efektifnya menyampaikan gagasan melalui tulisan. Akhirnya yang hadir sepakat untuk membentuk organisasi penulis. Maka pada tanggal 22 Februari 1997 berdirilah Forum Lingkar Pena, sebagai badan otonom Yayasan Prima , dan Helvy Tiana Rosa terpilih sebagai Ketua Umum. Saat itu anggotanya tak lebih dari 30 orang saja. Kemudian FLP mulai giat mengadakan acara rutin pekanan dan bulanan berkaitan tentang penulisan untuk anggota, dengan mengundang pakar di bidang tersebut. Selain itu FLP juga mengadakan bengkel penulisan secara kecil-kecilan dan merekrut anggota baru.

Majalah Annida yang dipimpin Helvy Tiana Rosa menjadi salah satu media sosialisasi FLP yang sangat efektif. Seiring berjalannya waktu anggota FLP semakin banyak. Perwakilan wilayah dan cabang FLP pun kini tersebar di berbagai wilayah di indonesia. Selain itu terdapat juga beberapa perwakilan luar negeri di antaranya Mesir, Jepang, Amerika, Malaysia, dan beberapa di negara lain.

FLP Wilayah Lampung

FLP Wilayah Lampung adalah perwakilan FLP yang berkedudukan di provinsi Lampung dan berada di bawah kepengurusan FLP Pusat. FLP Wilayah Lampung berdiri sejak tahun 2000. Kepengurusan pertama diketuai oleh Sabdo Hadi Subroto, wakil ketua NK Maya Tirta, Eni Kartika sebagai sekretaris umum, dan Nurhayati sebagai bendahara.

FLP Wilayah Lampung aktif mengadakan pertemuan rutin (bulanan) bagi para anggotanya dengan pembicara baik dari kalangan internal FLP maupun jurnalis atau cendekiawan. Mengadakan diskusi/seminar tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan kepenulisan atau situasi kontemporer. Mengadakan workshop penulisan fiksi/non fiksi serta mengupayakan penerbitan buku karya anggotanya. Selain itu FLP Wilayah Lampung kerap kali diminta untuk menjadi pembicara dalam berbagai seminar dan diskusi kepenulisan serta menjadi juri berbagai lomba kepenulisan. Saat ini FLP Wilayah Lampung memiliki dua buah cabang, yakni FLP Metro dan FLP Lampung Timur. 

Dikutip dari web FLP Wilayah Lampung. http://flplampung.byethost.com

0 komentar nih!:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Buat kamu yang udah baca artikel ini, gimana pendapat kamu? Tulis komentarmu yuk!!!

Marquee

## Inu Anwardani ##
Jl. Sahatang 164 Baradatu, Way Kanan, Lampung

Copyright © 2011 - Langit Inu - Powered by Blogger All right reserved...